Review PepperMint Os Linux Sangat Stabil

Mencari distro linux yang lebih ringan selain xubuntu ternyata mendapatkan banyak referensi salah satunya adalah peppermint os ini, mengapa bisa begitu menggoda untuk mencobanya.

Satu alasannya adalah peppermint berbasis dari ubuntu lts yang sudah terjamin stabil dan tangguh, apalagi sentuhan dari pengembangan peppermint os itu sendiri yang menjadikan distro linux yang satu ini mulai menjadi idola baru di laptop jadul saya hehehe.

File manager Nemo

Hal yang menarik lainnya adalah tampilan default yang sudah sangat cantik efek blur di aplikasi background membuat lebih estetik, desktop environment xfce menjadi bawaan dan tentunya aplikasi bawaan yang sudah dioptimalkan seperti file manager nemo yang stabil dari cinnamon.

Instegrasi Web Aplikasi Ice Box

Tidak kalah menarik adalah integrasi aplikasi berbasis web dengan aplikasi manajemen yang disebut “Ice” langsung terintegrasi dengan aplikasi menu sistem, membuatnya seperti aplikasi yang diinstal secara konvensional.

Banyak Pilihan Browser

Pilihan Manajemen Browser yang banyak tinggal pilih mau yang mana, secara default browser bawaan adalah Firefox.

Pemblokiran Iklan

Pemblokiran iklan, ini yang unik biasanya harus memasang extensi seperti adblock atau adguard, tetapi di menu setting terdapat pilihan advert blocker dengan banyak host untuk memblokir iklan yang kadang mengganggu.

Dukungan Untuk Komputer 32 Bit

Masih ada dukungan untuk desktop 32 bit, dimana sebagian distro linux sudah mulai meninggalkan sistem 32 bit, namun peppermint os 10 masih ada pilihan 32 bit, untuk laptop kentang goreng sangat cocok xixixi.

Kustomisasi Tampilan Desktop

Tampilan default sudah sangat cantik dengan tema arch dan icon papirus, cuma menurut saya pribadi wallpaper yang kurang enak dipandang mata saja wkwkwk sesuai selera sih, menggunakan desktop environment gabungan dari berbagai DE menjadikan peppermint os sangat unik, tapi masih bisa dikustom seperti tampilan macos dengan memasang plank dok dan plugins vala appmenu.

Jika ingin memasang tema dan icons kesukaan kalian bisa install lewat folder .icons dan .themes lalu pilih di pengaturan tampilan kurang lebih seperti mempercantik tampilan xubuntu.

Jika Kalian tertarik dengan peppermintos 10 Respin bisa kunjungi halaman websitenya Peppermintos.com tersedia pilihan 64 bit dan 32 bit untuk laptop kentang kalian xixixixi.

Linux Mania

Artikel pilihan dari dapur redaksi

Bandung, Indonesia https://me.wildanfauzy.com