Penghujung Bulan

Selamat datang di dunia tanpa henti dengan yang namanya masalah, sudah ada di penghujung bulan april, entah apa yang akan terjadi di bulan mei. Mungkin ada cerita baru di bulan mei selain mayday. Bersambung… »

Kelaparan Terjebak Hujan

Semalam tidur jam sembilan pas lalu bangun tepat jam sembilan pagi, dibangunkan oleh seorang teman karena ada telepon masuk dari sang kekasih. Namun di dalam percakapan telepon tidak ada yang namanya percakapan hanya menyebut “halo” tanpa jawaban, lalu beberapa detik telepom tertutup. Membasuh muka setelah itu pergi ke warung untuk membeli kopi dan satu bungkus rokok neslite, keadaan sudah siap, tidak ada kegiatan akhirnya menonton netflix serial sharlock home yang diperankan oleh dr stranger. »

Author image WilFauzy di #note,

Membuat Blog Hugo di Firebase Hosting

Kalau bosan menggunakan cara yang mudah mengapa tidak memilih cara yang susah hehe, selain vercel dan netlify yang mudah untuk mendeploy statik blog, firebase hosting lumayan juga. Untuk membuat blog hugo sebagai framework dengan firebase hosting, yang pertama mempunyai akun Google dan seperangkat konsol terminal linux. install pake npm cli firebase terlebih dahulu. npm install -g firebase-tools Selanjutnya login di konsol terminal firebase login Maka setelah login akan diarahkan ke browser dan masuk menggunakan akun Google kalian, setelah berhasil autentifikasi, salin kode dan paste ke konsol terminal. »

Akibat Sering Mager

Sejak pagi udara memang sudah sejuk, berganti menjadi panas bukan main ketika menuju siang, seperti hari cerah pada biasanya, karena sedang asik dengan pekerjaan saya yaitu mager dan rebahan. Lantas dari pagi sampai sore hanya mager dan rebahan, sampai badan ini berontak, terutama cacing dalam perut karena sudah merasa kelaparan, wajar saja dari pagi belum makan. Hari semakin gelap, tapi belum terlalu sore, nyatanya sudah mendung, keburu hujan besar, memutuskan untuk keluar rumah membeli nasi uduk dan beberapa perbekalan untuk melanjutkan hidup di planet bumi ini. »

Ke Pantai Tapi Ditutup

Sudah packing baju dan segala hal tinggal berangkat tapi rasanya males banget gitu, andai ada pintu kemana saja, bukannya males balik ke bandung tapi males di perjalanannya. Sudah mah bus jarang lewat, naik elf kayak rasanya diobok-obok, apalagi kalo duduk samping supir, rasanya tuh degdegan terus, jantung mau copot, ini kaki kepengen nginjek rem terus wkwkw. Tapi pas mau berangkat, bikin kopi dulu, sebat satu atau dua batang, tiba-tiba hp berdering, seorang teman sma menanyai kabar. »

Author image WilFauzy di #note,

Adu Cepat Vercel Netlify dan Cloudflare

Semua berawal dari keisengan semata, karena lagi gabut akhirnya ngoprek deh, masih dalam dunia jamstack untuk membangun atau deploy blog ini. Jadi ceritanya iseng mau membandingkan antara vercel, netlify, dan cloudflare pages. Ketiga provider hosting untuk website jamstack seperti hugo dan Gatsby dll, sudah enak lah, selain gratis, mudah, dan cepat. Static site generator sepertinya makin jadi menarik untuk dilirik, apalagi cloudflare masuk wah jadi makin seru. Keisengan kali ini mau melihat ketiga performa dari hosting jamstack tersebut, asiknya jamstack itu website kita langsung di-host ke dalam cdn mereka masing-masing. »

Hosting Blog di Cloudflare

Dunia jamstack emang makin menarik, pada awal ngeblog taunya cuma blogger, namun semakin bertambahnya waktu sepertinya perkembangan dari blogger tidak banyak kemajuan. Lalu beranjak bertemu dengan wordpress self hosted, dari sini mulai keluar modal beli domain dan hosting, namun karena jarang nulis kadang sempat nulis cuma satu tahun sekali, sayang sekali kalo bayar hosting tahunan. Akhirnya terlepas dari langganan hosting, kembali ke jamstack website, banyak pilihan dan beragam fungsi dan esensi dari sedekar menulis di blog. »

Ngeblog dengan Ghost dan Gatsby

Semalam tidak bisa tidur dengan tenang karena terlanjur kesal menunggu seseorang untuk bermain lama banget. Karena sudah kepalang kesel, dan tidak bisa tidur akhirnya ngoprek blog, mencoba ghost dipasang di vps, awalnya masang konvensional lewat sudo apt lalu npm. Namun kayaknya kurang efesien, jadi pasang di docker saja toh cuma buat headless cms nih ghost, blognya mau nyobain dari gatsby awalnya pake repo punya ghost/TryGhost namun kok jelek yah. Mencari lagi akhirnya ada yang lumayan sinkron yaitu jamify, yah walaupun apa fitur yang harus dikorbankan sepertinya email subcriber dan masang disqus comment yang cukup ribet. »

Author image pemuda malkis di #gatsby,