cara-tranfer-domain

Pengalaman Transfer Domain

Awal ngeblog dan membuat website pake blogger atau WordPress(dot)com pas awal mengenal internet sejak smp, cukup ketinggalan jaman juga waktu itu.

Sebenarnya sempat tau apa itu internet pas sd ketika disuruh ibu untuk memanggil teteh yang asik nongkrong di warnet main friendster, lebih asik main di selokan mencari ikan sepat.

Hingga suatu ketika lulus sd dan harus sekolah smp diluar kota, tepatnya di kota hujan sebut saja bogor, perkembangan berbeda jauh, hampir berbanding terbalik dengan kampung halaman.

Ketika di bogor mulai mengenal apa itu internet, minta bantuan teman untuk membuat email lalu mendaftar facebook, masih ingat ketika hari jumat dan sabtu tidak ada kelas, teman yang lain sibuk dengan organisasi pramuka atau paskibra.

Sedangkan saya bolos lewat tembok belakang langsung ke hutan, masih ingat ada bangunan belanda seperti gereja, orang sini menyebutnya vilmot (Villar Motmen) tidak tau apa sebenarnya.

Ada yang bilang juga kuburan belanda, karena malas bolos hanpir tiap akhir pekan, teman mengajak masuk eskul TIK, tanpa mendaftar langsung masuk saja ke lab komputer setiap hari sabtu untuk internetan.

Membuat blog dengan blogger, masih ada sampai sekerang blognya hehehe, tidak tau apa email dan passwords sebab didaftarkan oleh teman.

Baca Juga:  Pindah Haluan Dari Cloudflare Ke Quic.cloud

Sejarah Domain

Beranjak sma mulai mengenal apa itu hosting dan domain, sebenarnya domain wildanfauzy.com sudah didaftarkan sejak 2012 ketika itu membeli domain lewat orang ketiga di fjb kaskus seharga 25rb rupiah.

Pembayaran dengan pulsa kartu tri wkkwwk, masih ingat wkwkwk, tahun kedua tidak diperpanjang karena bukan beli langsung, masalah perpanjangan domain terkendala.

Setelah masuk perkuliahan dan mempunyai kartu atm sendiri, akhirnya mencoba kembali mengakses domain yang dulu pernah didaftarkan, ternyata masih avaliable.

Mencari register yang ramah kantong, akhirnya domain kesayangan bisa didaftarkan pada tahun 2019 domain wildanfauzy.com aktif kembali tidak ada yang mengambil.

Ketika hendak memperpanjang pada tahun kedua harga jadi naik dua kali lipat, kesel juga sih bisa cepet banget naiknya.

Tepat pada tanggal 9-9-2020 banyak penjual domain yang menawarkan promo regiater yang saya gunakan hanya menyediakan promo untuk pendaftaran domain baru tidak ada promo untuk perpanjang.

Akhirnya menemukan register yang mengadakan promo transfer domain dengan harga miring, akhirnya memutuskan untuk memindahkan domain ke regiater baru.

Proses Transfer Domain

Awalnya mengira sangat cepat mentranfer domain sama seperti mengirim uang ternyata salah, butuh waktu lima sampai tujuh hari.

Baca Juga:  Mencoba Gutenberg Untuk Pertama Kalinya

Cara memindahkan domain dari register lama ke yang baru cukup mudah, pertama harus membuka konci doamain atau unlock register, lalu harus mempunyai kode eep.

Jika tidak mempunyai bisa meminta ke cs register, dengan membuat ticket, pengalaman meminta kode eep cukup susah harus menyertakan alasan mengapa ingin mentranfer domain dan banyak hal.

Butuh waktu satu jam setelah banyak ditanya oleh custumer servis sempat dikasih diskon juga tapi niat tidak goyah akhirnya mendapatkan kode eep.

Selanjutnya mulai transfer ke register baru dengan memasukan kode eep yang sudah didapat butuh waktu lima hari, hari ketiga diminta untuk mengapprove atau reject status tranfer, jika tidak melakikan approve atau reject selama 24 jam maka otomatis domain akan berpindah.

Hari ke-lima mendapatkan email notifikasi bahwa proses tranfer domain sukses, alhamdulillah tidak ada kemdala selama proses perpindahan domain, tidak ada yang berubah pada pengaturan nameserver masih dengan nameserver cloudflare.

Penasaran soalnya melihat pengalaman orang yang sudah melakukan pindah domain mengalami errors, akhirnya mengecek monitor website di https://status.wildanfauzy.com uptime masih lancar tidak ada yang down.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *