Beranda » Share » Membuat Aplikasi Android Untuk Blog Pribadi

Membuat Aplikasi Android Untuk Blog Pribadi

Wildanfauzy.com – Terlalu lama di rumah membuat rasa bosan menumpuk, selain menulis dan sedikit membaca, mencoba iseng membuat aplikasi android untuk blog ini, setelah mencari-cari kesana kemari, akhirnya menemukan website yang menyediakan pembuatan aplikasi android secara gratis.

Awalnya melihat berbagai macam situs berita banyak mengeluarkan versi aplikasinya, ada yang bagus seperti aplikasi tirto.id ada juga yang busuk terlalu banyak iklan yang menumpuk daripada isi tulisannya.

Membuat Akun Di AppsGeyser

Pertama kalian harus membuat akun di appsgeyser bisa menggunakan dengan sign up dengan akun Google atau akun Facebook, selain itu masih bisa cara lama dengan mendaftar dengan email, setelah berhasil mendaftar di appsgeyer, selanjutnya adalah membuat aplikasi, ternyata banyak pilihan yang bisa dipilih membuat aplikasi rss feed dari blog langsung atau hanya menampilkan url hompage blog.

Mulai Membuat Aplikasi Android Untuk Blog

Saya sendiri memilih untuk menampilkan alamat url daripada membuat feed rss, jika tampilan blog kalian sudah mobile friendly, sebaiknya memilih pada bagian individu dan pilih tab website.

Selanjutnya memilih templates aplikasi, sebenarnya hanya pemilihan warna saja, pada intinya tidak ada yang special wkwkwk.

Jika selesai memasukkan alamat Blog kalian, dan juga membuat nama aplikasi serta deskripsinya, menambagkan icon aplikasi, maka secara instan aplikasi android untuk blog pribadi sudah jadi.

Mengatur Aplikasi Blog Pribadi

Setelah berhasil membuat aplikasi android blog pribadi selanjutnya kalian perlu mengatur pengaturan di aplikasi ada tiga bagian.

  • Basic
  • Tabs
  • Advanced

Pada bagian basic mengecek apakah alamat sudah sesuai dengan alamat blog kalian, dan juga menyetel icon serta nama blog, dan menerapkan tema default aplikasi.

Bagian tabs sebenarnya cukup sederhana, jika kalian ingin menambahkan terpenting dari blog seperti kategori atau halaman tentang saya, pokoknya bagian terpenting dari blog.

Terakhir advanced pada bagian ini kalian bisa mengatur screenshot dari aplikasi, membuat splash screen ketika pertama kali membuka aplikasi, menyetel notifikasi aplikasi.

Download Aplikasi Yang Sudah Dibuat

Setelah selesai menyetel dan semuanya sudah sesuai yang kalian mau, steps terakhir adalah mendownload aplikasi yang sudah kita buat, sebenarnya ada dua versi, berbayar dan gratis, saya sendiri memilih yang gratis, jika kalian memilih yang berbayar maka aplikasi kalian bisa diupload di playstore dan bisa didownload oleh siapa saja.

Ini contoh aplikasi android untuk blog pribadi yang sudah saya buat.

Jika kalian ingin mendownload aplikasi android yang sudah saya buat untuk blog ini bisa didownload dibawah sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *