CloudCannon Vs Forestry Untuk Posting di Jekyll

Ditulis oleh pemuda malkis pada December 20, 2020

Setelah pindah cms blog dari wordpress ke jekyll, banyak perubahan yang terasa, terutama ketika hendak membuat postingan baru, jika di wordpress tinggal klik add new post berbeda dengan static blog seperti jekyll ini.

Pertama banyak pilihan untuk menulis postingan baru, cara tradisional dengan menulis secara lokal di komputer kalian jika selesai menulis baru di push ke repo github lalu build melalui github pages atau layanan deploy seperti vercel atau netify.

Cara kedua dengan bantuan pihak ketiga, ada banyak layanan sebenarnya namun hanya berfokus pada cms jekyll yang paling gampang yaitu cloudcannon dan forestry.

apa perbedaan forestry.io vs cloudcannon?

CMS CloudCannon Untuk Jekyll

cloudcanon

The Cloud CMS for Jekyll, layanan yang satu ini memang sangat berfokus pada jekyll, paket lengkap lah pokoknya, mulai dari hosting , layanan optimisasi asset, dan multi bahasa, serta front matter secara otomatis.

Kelebihan CloudCannon

Cloudcannon memberikan segala kemudahan, terutama tampilan editor yang sangat ringan, memanjakan untuk menulis postingan baru, serta build time yang sangat cepat, serta otomatis mengoptimalkan aset website seperti gambar, javascript, css dll.

Tentunya untuk menikmati semua layanan yang ada harus mengupgrade minimal ke paket personal, harganya lumayan juga sih tujuh dolar perbulan, atau jika mau yang gratis juga bisa memilih paket developer, jika ingin menggunakan layanan editor dari cloudcannon lalu website dihosting di github pages.

Kekurangan

Mungkin kekuranganya adalah tampilan yang kurang responsive jika membuka app cloudcannon melalui handphone, sedangkan banyak aktivitas yang dilakukan di smartphone daripada laptop karena alasan mobilitas.

Tidak ada fitur preview untuk mengecek postingan sebelum terpublish.

Forestry.io CMS

Jika cloudcannon berfokus ke jekyll, berbeda dengan forestry yang bisa menghandle berbagai static site generator seperti Hugo, Jekyll, Gatsby, Vuepress, dan NextJS.

Kelebihan

Banyak pilihan template, jika kalian baru mencoba static blog bisa memilih starter template yang langsung terintegrasi dengan forestry, bisa kunjungi https://forestry.io/starters/ untuk memilih starter template dengan banyak pilihan.

Adanya preview sebelum postingan terpublish, bisa kalian aktifkan di menu seting dan pilih preview klik start, maka akan build –wacth jika menggunakan jekyll, dan bisa langsung melihat preview di editor dengen mengklik icon mata.

Tampilan yang responsive di desktop maupun ponsel, ini hal yang menurut saya penting karena lebih sering menulis postingan menggunakan ponsel, sejak menggunakan wordpress waktu dulu menulis selalu menggunakan aplikasi wordpress mobile.

Kekurangan

Jika dibandingkan dengen cloudcannon layanan cms dari forestry hanya menyediakan layanan editor untuk menulis, tidak ada layanan cloud hosting seperti cloudcannon, namun tidak benar juga jika dikatakan kekurangan, toh namanya cms atau manajemen konten, kalian bisa menghost di github pages jika menggunakan jekyll, atau netlify dan vercel.

Kesimpulan

Kedua layanan cms tersebut yang paling enak menurut saya, mengapa tidak menggunakan keduanya wkkwkw, jika sedang menulis di desktop menggunakan cloudcannon, jika sedang menggunakan ponsel maka menulis di forestry, selamat mencoba keduanya.