Cara Membuat Blog Menjadi Dua Bahasa atau lebih

Ditulis oleh Redaksi pada June 11, 2020

Wildanfauzy.com – Belakangan ini sering membaca tulisan dari medium.com, tulisan yang terpajang di homepage kebanyakan bahasa inggris, hanya ada beberapa tulisan yang berbahasa indonesia, itu pun hasil dari mengikuti publikasi atau orang yang berbahasa indonesia, sempat terpikirkan untuk menerjemahkan postingan blog ke dalam bahasa inggris, “bisa enggak yah?” berpikir sambil buang air besar.

Setalah berpikir keras, akhirnya memutuskan untuk mencari plugins yang pas, ada banyak plugins agar blog di wordpress menjadi multilanguage, kalian bisa cari sendiri banyak sekali pilihannya, ada yang berbayar dan ada yang gratis tentunya, pertama mencoba weglot gratis trial selama sepuluh hari, setelah mencoba satu hari saja langung saya unistall, memang praktis kalian tinggal pilih mau bahasa kedua, dan secara otomatis seperti sulap.

Akhirnya pilihan jatuh kepada plugins polylang, selain gratis dan ada versi berbayarnya jika kalian membutuhkan fitur tambahan, kelebihan polylang adalah semuanya manual, harus menerjemahkan semua postingan kita sendiri.

Memasang Plugins Polylang

</figure>

Memasang plugins polylang cukup mudah, kalian harus masuk ke dasbor worpress lalu klik tambahkan plugins, cara plugins polylang dan pasang, setelah itu aktifkan, sebelum menerjemahkan situs blog kalian harus diperhatikan, matikan terlebih dahulu jetpack atau plugins otomatis membagikan ke sosial media, pengalaman saya sendiri lupa mematikan fitur tersebut, yang terjadi adalah postingan yang sudah diterjemahkan otomatis disebarkan di sosial media dan terlihat seperti spam terlalu banyak link hahaha.

Mengatur Strings Translations

</figure>

Sebelum mulai menerjemahkan semua postingan, sebaiknya menerjemahkan strings agar proses penerjemahan lancar, seperti menerjemahkan home menjadi beranda, artikel terkait menjadi related post, atau widget yang masih berbahasa indonesia terjemahkan ke bahasa yang ingin kalian tambahkan.

Mengatur Settingan Polylang

</figure>

Selanjutnya adalah mengatur settingan di plugins polylang

  • URl modification
  • Detect Browser Language
  • Media
  • Custom post types and Taxonomies
  • Synchronization

URL modification Pada bagian ada empat pilihan. default tidak mengubah alamat url bahasa aslinya atau bahasa disetting sama seperti content asli, pilihan kedua membuat permalink baru berupa /en/ atau bahasa lainnya, pilihan ketiga dengan membuat subdomain seperti en.blabal dot com, kalan harus membuat subdomain sebelum memilih pilihan ini dan mempoint subdomain ke folder public_html agar tidak terjadi error, pilihan terakhir dengan domain berbeda.

Detect Browser Language mengaktikan fitur ini akan mengalihkan ke situs ke bahasa yang sama seperti bahasa di browser, misalnya kita sudah membuat terjemahan bahasa inggris, otomatis orang yang mengunjungi blog kita yang browsernya berbahasa inggris akan dialihkan ke blog versi bahasa inggris.

Media Aktifkan bahasa dan terjemahan untuk media

Custom post types and Taxonomies Aktifkan bahasa dan manajemen terjemahan untuk jenis pos kustom dan taksonomi.

Synchronization Opsi sinkronisasi memungkinkan untuk mempertahankan nilai yang sama persis (atau terjemahan dalam kasus taksonomi dan induk halaman) dari konten meta antara terjemahan dari sebuah posting atau halaman.

Mulai Menerjemahkan Postingan Blog

</figure>

Jika semua settingan sudah sesuai dengan yang kita inginkan, selanjutnya tinggal menerjemahkan situs blog kalian ke bahsa yang kalian inginkan, cara menerjemahkannya cukup masuk ke pos, ada opsi tambakan terjemahan, saya sendiri hanya menambahakn terjemahan dari bahasa asal indonesia ke bahsa inggris, klik tandan plus di bendera bahsa inggris atau icon pulpen jika ingin mengedit terjemahan, selamat blog kalian menjadi multilanguage, hore!

Perbandingan blog versi Bahasa Indonesia dan Inggris

</figure>

Langkah terakhir adalah memasang language swicther, terserah kalian mau pasang di menu header atau widget sidebar yang terpenting mudah diakses, cukup sekian dan selamat mencoba